Sukses

Beauty

Cara Sehat Menyeduh Teh

Vemale.com - Oleh: Agatha Yunita Teh seringkali dihubungkan dengan dunia kecantikan dan kesehatan. Hal tersebut memang benar, karena dengan mengonsumsi teh, kita dapat menjaga daya tahan tubuh serta terhindar dari segala infeksi penyakit. Adalah zat yang disebut polifenol, zat yang terkandung di dalam teh yang dikenal sebagai antioksidan. Antioksidan ini memberikan perlindungan bagi tubuh dari penuaan dini, kanker serta radikal bebas. Menurut para ahli, mengonsumsi 5 cangkir teh hijau setiap hari dapat membantu tubuh membakar kalori secara lebih efektif, daya tahan tubuhpun meningkat dan tubuh menjadi semakin bugar. Ide yang bagus untuk mengawali hidup sehat bukan? Ya, ide tersebut memang patut untuk dicoba. Namun sebelum mencoba Anda perlu tahu cara tepat menyeduh dan menghidangkan teh yang benar agar teh dapat memberikan manfaatnya secara efektif.
  • Seduh teh dengan air panas, bukan air mendidih Air mendidih akan membuat zat antioksidan di dalam teh menjadi rusak, seperti halnya saat menyeduh susu. Ada baiknya air mendidih dibiarkan barang sejenak sebelum digunakan untuk menyeduh teh. Suhu terbaik untuk menyeduh teh adalah 60-70 derajat celcius, memang mungkin warna teh tak akan sepekat biasanya. Namun justru antioksidan teh akan lebih efektif bagi tubuh.
  • Teko penyeduh Teh juga sebaiknya tidak diseduh di sembarang tempat. Adakalanya zat kimia yang terkandung pada gelas/tempat untuk menyeduh teh ikut terlarut bersama teh. Untuk itu disarankan agar Anda menggunakan teko tanah liat, gelas/cangkir porselen, gelas kaca, cangkir perak atau stainless steel.
  • No Sugar and cream! Menambahkan gula atau krim ke dalam teh adalah kebiasaan buruk yang perlu kita hilangkan. Teh berfungsi mengurangi kalori, namun krim dan gula yang ditambahkan justru membawa serta kalori. Lantas apa gunanya minum teh jika Anda malah menambah kalori di dalam tubuh? So, skip gula dan krim dari teh Anda.
  • Teh 5 menitan Setelah menyeduh teh, jangan langsung meminumnya. Biarkan katekin yang ada di dalam teh keluar dari daun teh, untuk itu biarkan selama 5 menit, barulah teh bisa dinikmati.
Selamat menikmati kesegaran teh yang menyehatkan :) (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

    Loading